Sensasinya Snorkling Di Pulau Abang, Bikin Ogah Pulang

Sensasinya snorkling di pulau abang warbiasyah...


Trip Pulau Abang.

November Ceria.. *hukyha..., itu menjadi prolog yang cocok untuk para sahabat traveler semua, Minggu, 13 November 2016. Ngetrip bersama keluarga besar Bloger Kepri yang di undang oleh Galang Bahari Wisata ke pulau abang. Jadi ceritanya saat itu saya lihat postingan di Group Facebook  ngetrip ke pulau abang oleh galang bahari wisata sama temen-temen bloger, saya lihat sudah ada 30 Bloger yang sudah di daftar, Sempet kepikiran, iyahhh..udah full dong buat ngetripnya, tapi berkat teteh lina, saya jadi dimasukin ke list ngetrip ke pulau abang, karena ada beberapa temen yang nggak jadi joint. Yess seneng deh hati hayati abang...*Upss salah nggak ada hayatinya... sekali lagi *nuhun teteh lina ,*salim.. Mari perjalanan kita mulai. Jrengg..Jrengg..


Meet point top 100 tembesi, batu aji, batam
Map menuju ke pulau abang dari top 100 tembesi, batu aji, batam
Perjalanan ke Pelabuhan PT. Pari

Snorkling..Snorkling.., itu yang udah mengusai segenap ranah pikiranku. *hehehe.. Tepat pukul 07.30 saya sampai di tempat yang sudah di tentukan di TOP 100 Tembesi - Batu aji, Batam. karena disini meet point yang strategis. sambil nunggu temen-temen bloger yang lainnya datang, sembari berkenalan karena ini pertama kali saya ketemu sama mereka. Dan senangnya ada beberapa temen yang sudah tak asing wajahnya karena sering ketemu di kampus. 
Nah sahabat traveler tepat pukul 07.49 WIB. kita semua sudah ready berangkat..Cusss.. mini bus mulai meluncur ke arah Pulau Galang Baru. Jadi butuh kurang lebih 1 Jam perjalanan, tentunya cukup bikin bokong panas dan resah, tapi itu tidak jadi persoalan, karena yang penting sensasinya snorkling. * iyaakkk...



Berlekok-lekok perjalannya kayak hatimu dek yang sering belok..
Sahabat traveler, saya duduk di depan bus deket abang supir.*abang supir curcol banget dengan khas aksen jawanya.. Jadi saya bercerita banyak hal sambil guling-guling.*lebay ahh..-nggak koq, maksudnya bencanda ria saja. Tapi kala ditengah perjalanan saya merasa gundah gulana, gimana tidak, menengok keatas itu langit kelihatan senyum kecut dan muram. *kayak hati abang yang didiemin tanpa pesan.. Alias mendung hujan rintik-rintik.


Mendung hujan rintik-rintik menemani sepanjang jalan
Sahabat traveler, walaupun langit gelap hujan rintik-rintik, tak membuat diriku kehilangan mood basterku buat bersnorkling ria. Masih dalam bus kita saling ngobrol dan bercengkerama sesama bloger lain. karena saya anak baru, jadi kenalan deh ama kakak-kakak senior yang pastinnya udah berkelana kemana-mana alias travelover.. *tapi bukan lagunya bang haji yee..berkelana aku berkelana... Jadi keakraban suasananya begitu hangat..


Teh lina lagi briefing anak-anaknya ..
Sampai di Pelabuhan PT. Pari.

Sahabat traveler, Perlu diketahui untuk menyebrang menuju ke pulau abang kita harus  ke pelabuhan PT. Pari dulu yang berada di pulau Galang Baru, Karena salah satu pelabuhan yang menghubungkan tempat nanti kita snorkling. Kemudian setelah kurang lebih satu jam di perjalanan, kurang lebih melewati tujuh pulau yaitu Pulau Batam - Pulau Tonton - Pulau Setokok - Pulau Rempang - Pulau Galang - Pulau Galang Baru. *banyak bukan pulaunya indonesia gituh negeri seribu pulau. Dan melewati beberapa jembatan dari jembatan 1 (Barelang Bridge) 2.3.4.5 dan sampai terakhir . Akhirnya kita sudah sampai ke pelabuhan PT.Pari. jrengg..jrengg..


Petunjuk arah menuju pelabuhan PT. Pari
Sahabat traveler, untuk menuju ke arah pelabuhan PT. Pari tidak terlalu lama karena dari petunjuk arah yang di pasang di pinggir jalan. Kemudian belok kanan menyusuri jalan tanah kurang lebih jarak tempuhnya 100 m dari jalan aspal yang di pasang baner Galang Bahari Wisata...


Kita sampai di pelabuhan PT Pari pulau galang baru
Papan tarif pelabuhan PT Pari 
Sahabat Traveler, Saya langsung bergegas turun dari bus meluncur ke pelabuhan PT. Pari, Sudah nggak sabar lagi. jadi saya dapet trip pompong (Motor kapal kayu ) yang pertama meluncur. dan disini alhamdulillah langit agak sedikit cerah.*tuhan tau karena abang kece mau nyelam..ahahaha..


Kita naik pompong dari pelabuhan PT Pari terus meluncur ke pulau nguan 
Menuju ke Pulau Nguan.

Sahabat traveler, Saya makin bergairah semakin dekat dengan ngetrip hari ini buat snorkling. walaupun desiran angin yang dingin membalut kulit perjalanan menuju ke pulau nguan. abaikan ajaa,*berrrrrrr...
Oiiya.. kenapa kita nggak langsung ke pulau abang dari pelabuhan PT. Pari. karena kita singgah sejenak ke pulau nguan, disanalah tempat homestay yang punya hajat yaitu ownernya Galang Bahari Wisata yang mengundang kita. sebelum bersnorkling ria dimulai. *yiiihaa..


Kita sampai di persinggahan pulau nguan homestay Galang Bahari Wisata
Sampai di Pulau Nguan.

Sahabat traveler, Kurang lebih menemput 15 menit perjalanan, akhirnya kita menyandar sudah di rumah persinggahan Galang Bahari Wisata di Pulau nguan. *asyekkk... disini warbiasyah banget orang-orangnya. kita sudah disambut begitu mesra. *co cweet kan... intinya orangnya ramah-ramah dan bershabat.. kita langsung di suguhkan teh, kopi hangat dan perment. cocok banget deh, suasana dinginpun tak terasa menusuk kulit. *nyessss sambil minum teh....


Kita di briefing oleh Galang Bahari Wisata tentang snorkling
Guide Galang Bahari Wisata briefing kita tentang terumbu karang
Briefing oleh Galang Bahari Wisata.

Sahabat traveler, Sejenak menikmati jamuan kopi dan teh, dan juga menunggu semua temen-temen bloger ngumpul kurang lebih pukul 9.30 WIB. Bang Jack. atau Zakaria atau bisa panggil bang Jack Sparrow. *ulala bajak laut dong..hehehe.. Memberikan briefing sejenak dan para guide, kalau nanti kita bakal di temani 10 guide yang profesional.. *Ooyaa.. Jadi nggak perlu kawatir lagi pastinya. terus bang jack menjelaskan beberapa hal yang boleh di lakukan dan yang nggak boleh di lakukan, yaitu :
  • Tidak Boleh Membuang Sampah Sembarang Harus di buang ditempat yang disediakan dalam pompong. *setujuhh banget.. kita kudu selalu menjaga lingkungan ya kan traveler..
  • Harus hati-hati saat bersnorkling jangan sampai panik dan akhirnya menginjak-injak dan jadi patah terumbu karang yang tumbuh indah serta merusak biota lainnya.. karena butuh waktu bertahun - tahun untuk tumbuh satu centimeter saja *ihir..kayak dirimu butuh berpuluh-puluh purnama melupakannya..*yiiihaaa..
  • Tidak boleh membawa apalagi mengambil terumbu karang dan biota laut untuk di bawa pulang contoh clown fish alias ikan badut (nemo) dll. karena itu bener - bener dijaga...*kalo adek mau nggak di bawa pulang hatinya...zzzzz...
  • Dan yang terakhir berdoa pastinya mengikuti petunjuk para tim guide biar aman nyaman dan menikmati snorklingnya *safety first..
Kita lagi bersiap-siap memakai pelampung
Photo selfie dulu di homestay galang bahari wisata
Kita naik pompong siap menuju spot snorkling
Menuju ke Pulau Rano.

Sahabat traveler. Finally setelah singgah sejenak di homestay Galang Bahari Wisata di Pulau Nguan. dan briefing tentang bagaimana nantinya kita snorkling. Kita sudah siap-siap berangkat ke spot dimana tempat bersnorkling kita nanti. Perlu diketahui kita hanya membawa beberapa perlengkapan seperlunya untuk dibawa, camera, dll. yang barang-barang berat baju ganti kita titip di tempat homestay. biar kita aman walaupun basah-basahan. tentunya lebih ringan bawaanya... *joss pokoknya..

Kita brangkatttt jrengg..jrengg mari bersnorking ria..
Perjalan menuju pulau rano
Sahabat traveler, Selanjutnya kita menuju ke pulau rano dulu untuk istirahat sejenak, Nah pulau rano ini ditempuh kurang lebih 1 jam dari pulau nguan. jadi lumayan jauh, tapi sensanyi warbisyahh. naik pompong di ombang-ambing di tengah birunya lautann. *yiiiha....


Maping trip snorkling ke pulau abang
Sahabat traveler, karena menempuh perjalanan yang lumayan jauh 1 jam dengan pompong, Terpaan desiran ombak dan angin membuat diriku terbawa suasana akan hal yang menakjubkan melihat birunya lautan sepanjang mata memandang, seru banget sambil dengerin lagu lewat audio souncloud. *ajiibb banget sensasinya..




Sahabat traveler, Nah sangking asyiknya merasakan sensasi itu, Coba iseng-iseng saya bikin puisi *baca dan resapi yahh, eaaaa...

Birumu menenangkanku
Birumu memanjakan mataku
Birumu membuatku terpukau
Birumu mengalahkan duniaku

Kau membentang samudra biru
Di kaki barisan cakrawala kau berada
Debur ombak berkejar kejaran memadu
Bermain bersama debur dan batu karang
Mencumbu sepanjang bibir pantai memandang

Rahasia keindahan samudra
ketika lautan adalah kebebasan
ketika langit telah menyatu dengan samudra
membentang biru dalam warna kesegala muara

Aku ingin selalu memandangmu tanpa bosan
Hingga aku kembali tanpa senyawa kegelisahan
Merasakan angin menjambah kulitku penuh ketulusan
Sungguh nikmat mana lagi yang engkau dustakan


Inilah pulau rano, pulau dewata persinggahan para snorkling
Pembagian peralatan snorkling.

Sahabat traveler. sebelum kita mencebur ke spot snorkling pertama, kita berlabuh dulu ke pulau rano.*bukan rano karno loh ya.. di pulau rano ini, warbiasyah banget. pulau kecil yang hamparan sekelilingnya pasir putih. *aishh sedap kali pokoknya awak mata memandang.. apalagi banyak di tumbuhin pohon-pohon kelapa, jadi sejukk banget ketika kena terpaan angin sepoy-sepoy. Nah nggak pake mikir lama saya cuss.. langsung jepret-jepret cari spot hunting photo. *hahaa.. Sambil nunggu guide tim Galang Bahari Wisaata menyiapkan peralatan snorkling. Oiyya disni juga katanya biasa buat tempat camping loh traveler. jadi tempatnya bener-bener worth it banget deh. tenang, nyaman, adem, Maka rasakan sensasinya saat berada disni. *slowmotion..


Briefing cara menggunakan alat-alat snorkel oleh tim guide galang bahari wisata
Kita mengambil peralatan masker, snorkel, fin  untuk persiapan snorkling

Kita diajarkan bagaiman cara memakai peralatan snorkling
Kita juga diajarin bagaimana cara-cara snorkling yang benar
Abang-abang kece lagi wifie , siap jadi pria-pria penyelam *hati adek mau juga tak, di selam...??
Menuju ke Pulau Dedap.

Sahabat traveler, Cuaca di pulau rano sangat mendukung kala itu. lumayan cerah, membuat saya lebih semangat lagi bersama temen-temen bloger lainnya. Nah disini kita di ajarin oleh para guide Galang Bahari Wisata. bagaimana menggunakan snorkel, masker, fin. jadi sangat detail penjelasannya. membuat kita nggak bakal panik apalagi takut karena mereka profesional dan bersertifikat. disni juga kita di ajakin buat pemanasan gerak-gerakin badan kita biar nggak kaku-kaku amat. *hahaha bukan senam zumba looh ya... Pokoknya mantap deh pelayanannya, Kurang lebih 30 menit di pulau rano kita bergegas melanjutkan perjalanan, dan  saatnya kita bersnokling ria di spot pertama. yaitu pulau dedap. *let's go...


Kita menuju pulau dedap melewati hutan-hutan bakau
warbiasyahh photo candidnya..
Spot Snorkling Pertama.

Sahabat Traveler, setelah melewati hutan-hutan bakau tidak butuh waktu lama menuju ke pulau dedap, kurang lebih 15 menit. kita sudah sampai di spot pertama. *aiiisss... Sensasional banget tapi hati deg-degan. Nyebur nggak nyebur nggak ?. karena arusnya lumayan tinggi gelombangnya. Tapi lihat temen-temen bloger lainnya lagi pada nyebur. pada teriak - teriak..*nemo...nemo.. disni ada nemo....
aiittdah... byuurrrrrrrrrrr... akhirnya nyebur juga, woww... amazing banget deh.. langsung liat nemo malu-malu lagii berenang-renang.. *godainn adekk bang...wkwkwkw..
How daes it feel ? Asyik banget..nggak butuh effort apa-apa, kita tinggal ngambang doang, dan terumbu karang pastinya dibawah sini udah kelihatan, Untuk bernafas ? tak perlu bimbang dek, kan ada kamu iya kamu.. *eh salah hihihi...  ada snorkel maksudnya. trus tak bisa renang? tenang sahabat traveler, kan pake life jacket.. apalagi abang-abang guide-nya humble banget lagii... *cucokk deh..ahahahha..


Spot pertama snorkling di pulau dedap
Spot pertama snorkling di pulau dedap
Si doi ikan nemo lagi asyik main di terumbu karang
Sahabat traveler, Ini kali kedua *eaa bukan lagu raisa lho ya.. Iya ini kali kedua saya bersnorkling, untuk pertama kali dulu snorkling di gili terawangan pulau lombok, jadi yah bener-bener seru banget pokoknya. Oiya Spot pertama ini kedalaman air kurang lebih 4-5 meter jadi yahh lumayan dalam.. bagi yang jago dive ini tempatnya. soalnya  tempat wowww banget. Kita snorkling di spot pertama kurang lebih 1 jam. Setelah dirasa cukup snorkling di spot pertama, kita diajak mendarat di pantai pulau dedap. karena siang udah menjelang kurang lebih pukul 12.30 WIB. dan pastinya saatnya makan siang... let's go..


Indahnya terumbu karang jenis acropora cervicornis


Sensaninya itu lho..bener bener warbiasyah....
Si doi badut alias ikan nemo liatin abang yang kece lagi snorkling
Makan Siang di Pantai Pulau Dedap.

Sahabat Traveler. Akhirnya kita menyandar ke pulau dedap . bener-bener dingin abiss nyelam. *brrrrr.. Tapi saat yang tepat dikala perut mulai keroncongan, saat itu pula sudah di siapin makan, jadinya kita makan siang dulu bareng sama temen-temen bloger lainnya, sebelum melanjutkan spot beikutnya...*josss tenann..


Leyeh-leyeh abis makan siang  di pantai pulau dedap
Si abang lagi asyik main air..  *tapi kalo sama hati adek, nggak maen-maen koq...*eaaa..
Bang, Pompong aja selalu berduaan... kenapa abang selalu sendirian..*hufftttt
Spot Snorkling Kedua.

Sahabat Traveler. Setelah cukup beristirahat abis makan siang. kita melanjutkan spot yang kedua yaitu lokasinya tidak jauh dari spot pertama tapi agak ketengah jadi arus gelombang nya lumayan bikin jantung deg-degan. *brrrrrrr. Meskipun begitu kalo tidak nyeburr nggak dapet sensasinya. byurrrrr....


Temen-temen bloger lagi asyik bersnorkling


lagi lagi ketemu ikan badut dan si doi nemo lagi berduaan
Terumbu karang jenis acropora micropthalma
Spot Snorkling Pamungkas.

Sahabat Traveler. Jadi sebenarnya di pulau abang ini sangat luas memanjang terumbu karangnya karena menghadap laut lepas, jadi kalau mengexplore lebih jauh lagi tentang biota-biota lautnya, pastinya akan jadi hal menakjubkan disini. Kemudian setelah dari spot kedua. kita di ajak pindah lagi sama tim guide Galang Bahari Wisata untuk ke spot pamungkas. Nah spot yang terakhir ini justru yang kita kenal dengan sebutan pulau abang, kurang lebih jaraknya 500 m dari pemukiman penduduk tepi laut pulau abang. di spot yang terakhir ini,.. *super wowwww banget. Airnya jernih dan tenang jadi dari jarak pendek kita melihat ke bawah semua terumbu karang dan pastinya itu ikan badut nemo di mana-mana.*warbiasyah..


emang top snorkling di pulau abang 
dan lagi lagi nemo - nemo, sepertinya di pulau abang istananya para clown fish
Sahabat traveler, Untuk spot yang terakhir kita tidak terlalu lama karena. warna jingga langit sudah mulai keluar dari peraduaannya, tandanya senja akan segera tiba, tapi apa boleh buat. Sebenarnya hati masih ingin tinggal berlama-lama... *tak mau pulang, maunya di karang..hahahaha.
Cuss.. kita semua naik kembali ke pompong dan berangkat menuju rumah persinggahan Galang Bahari Wisata. karena butuh waktu 1 jam lagi kembali kesana. Oiyaa Sahabat Traveler. di pulau abang juga banyak penginapan (homestay) jadi kalau berlama-lama disana mengeksplore pulau-pulau kecil sekitar pulau abang tinggal bersandar saja di pulau abang. biar ngetripnya puasss assss..


lagi-lagi abang kece selfie dulu * sensasinya itu lho..Gerrrrrr pisan..
Saatnya kita naik pompong lagi, untuk meninggalkan pulau abang
Bersandar ke Pulau Rano.

Sahabat traverler, Gitu aja perjalanan snorkling kita...OOooo. tentu tidak. kita lagi-lagi di bikin suprise oleh Galang Bahari Wisata, kita diajak lagi menyandar ke Pulau Rano. iya pulau kecil yang tadi diatas saya ceritain..*yiiihaa... 
Kapal oleng kaptenn... *ahahhaa. salah satu temen bloger berteriak saat pompong menyandar di pulau rano. Disni kita  di suguhkan lagi dengan nikmatnya minum air kelapa muda.*segerr banget kan..
Jadi yang mabok air laut *bukan mabok janda ya..hahaha., atau masuk angin sangatlah cocok minum air kelapa muda. bener-bener terasa nikmat sensasinya sambil berjemur menikmati senja. dengan desiran angin dan ombak yang membuat kita semua betah berlama-lama......


Minum air kelapa segerr pisan..#bahagia itu piknik
Sahabat traveler, 30 menit kurang lebih berlalu kita menyandar di pulau Rano sambil menikmati minum air kelapa dan ada berselfie ria, *abang kece tetep foto-foto. Senjapun udah mulai menyapa dengan sinar siluetnya tandanya gelap segera datang. kitapun bergegas naik  ke pompong lagi melanjutkan ke rumah persinggahan Galang Bahari Wisata...jreng...jrengg..


Kita dalam perjalanan ke pulau nguan, menuju ke rumah persinggahan galang bahari wisata
Kembali Menuju Pulau Nguan.

Sahabat traveler, Selanjutnya perjalanan menuju ke pulau nguan lagi, untuk pulang dan mengakhiri petualangan hari ini main pandang-memandang sama dewi-dewi terumbu karang di pulau abang..*eaa dramatis banget eaa. Jadi perjalanan yang lumayan jauh membuatku mengantuk sekaligus terasa capek juga selepas bersnorkling ria..*coba ada kamu dek, bisa mijitin abang..*ngarep.. Dan suara lantunan musik  souncloud, Sing me to sleep by evert Evrain ft Ical remix version. Terdengar di telinga sepanjang perjalanan..


Sahabat traveler, Perjalan menuju pulau nguan, disuguhkan dengan keindahan senja yang luar biasa..*kece... Sangking asyiknya menikmati pemandangan dan dengerin musik dari soundcloud . Iseng-iseng buat puisi yang  saya dedikasikan untuk pulau abang..*tersipu malu...

Betapa indahnya Pulau ini menyapa malam
Senja menyapa berjejeran dengan bintang-bintang
Ombak bergelombang riang mendamai dengan alam
Pulau abang, ku kenang dengan biotanya dan terumbu karang
bersemayam rapi di moment ini takkan pernah usang..

Aku akan bercerita kesemua orang
Jagalah Pulau ini dengan pesonanya terumbu karang
Kelak nanti kita selalu ingin kembali datang
Menikmati surganya terumbu karang di pulau abang...

Indahnya senja di ujung petang pulau nguan
Sampai di Pulau Nguan.

Sahabat Traveler, Finally, 1 jam sudah berlabuh kita sampai di rumah persinggahan wisata galang bahari pulau nguan, saya langsung bergegas bilas mandi dan ganti pakaian karena sudah nggak tahan kedinginan basah kuyup sekujur badan. dan lagi-lagi siap mandi kita sudah disiapkan jamuan minuman hangat kopi, teh serta buah-buahan.*Oohh bener-bener perfectooo..

abang kece selfie lagi sebelum balik ke batam mengakhari petualangan hari yang sensasional
Sahabat traveler, Moment yang luar biasa bisa ngetrip di pulau abang dengan temen-temen bloger kepri yang di selenggarakan oleh galang bahari wisata. Sembari menunggu yang lainnya siap beres-beres, kita menikmati hidangan teh dan buah-buahan sambil memandangi sang senja terbenam*kebayangkan serunya..
Setelah semua berkumpul, kita briefing lagi untuk kembali pulang ke batam dan pastinya moment yang mengharukan akan berpisah dengan temen-temen bloger dan para tim galang bahari wisata....*sedih ya, cupp..cupp..

kita naik pompong lagi,  siapuntuk kembali ke batam
Kembali Menuju Pelabuhan PT. Pari

Sahabat traveler, Begitulah rangkaian kita ngetrip di pulau abang sungguh mengesankan, kurang lebih pukul 05.30 WIB kita pamitan bersama dengan galang bahari wisata mengucapkan terima kasih atas undangannya. dan semoga lain waktu bisa ngetrip lagi bersama kita temen-temen bloger yang super kece ini *doa dalam hati..hhihihih..
Kita kemudian berlabuh lagi ke pelabuhan PT. Pari untuk kembali ke tempat meet point TOP 100 tembesi, batu aji, batam. selanjutnya baru kembali ke rumah masing-masing.

Perjalanan menuju ke pelabuhan PT.Pari, tertawa penuh bahagia
Senja di balik pulau galang menjadi penutup trip kali ini *I Love You Indonesia
Rekomendasi Open Trip.

Sahabat Traveler, Sekedar info untuk rekomendasi tempat snorkling, saya rekomendasiin beberapa tempat yang juga wowww banget, saya dapet info dari tim guide Galang Bahari Wisata.. selain di Pulau Abang, yaitu ada Pulau Petong, Pulau Benan, Pulau Hantu, Pulau Dedap,  Jadi banyak spot bukan.. Ayoo kapan lagi sahabat traveler bisa merasakan sensasinya snorking....*yiihaaa

Maping wisata bahari snorkling di sekitar pulau abang
Sahabat traveler, Pasti pengen tahu berapakah sih biaya untuk snorkling di pulau abang, pasti mahal ya ? Ooo tentu tidak, cukup terjangkau kok. apalagi kalian berame-rame tentunya lebih murah dan seru dong. berikut informasi berapa harga open trip ke pulau abang..*c'kidot

Daftar open trip oleh galang bahari wisata
Sahabat Traveler, Nah dimana saya bisa ikutan open trip. Nih recommended jasa rekomendasipenyidia open trip snorkling ke pulau abang. Galang Bahari Wisata bener fully serviced deh.. *jualan mode on banget  yak abang..ahahaha...
Monggo di kontak langsung ya traveler :

Kontak Phone : 
Biota - Biota laut pulau abang *warbiasyah
Sahabat Traveler, Tertarik ingin snorkling di pulau abang kayak kita, Hayuukk.. Kapan lagi.? Kalau tidak sekarang... Keluar dari rutinitas kerja, buat moment liburan bahari disini tempatnya... *yihaaa.

*Tulisan ini saya dedikasikan Galang Bahari Wisata dan Temen-Temen Bloger Kepri yang kece-kece, Lope You Pull.....


" To travel is to live "-rumi

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Sensasinya Snorkling Di Pulau Abang, Bikin Ogah Pulang"

  1. Wah, kapan nih bisa ngetrip bareng lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. :) hayukkk kamari lagi kang... kece yah jago nyelem..hehehe

      Delete
  2. Pulau abang emang kece ya. Kecenya pake banget deh...
    Bdw on the busway, ternyata jago bikin puisi cie....

    ReplyDelete
    Replies
    1. :) ya kece.. kapan kita nak kepulau petong sebelah pulau abang.. bukan jago bikin puisi jago naklukin hati...*janganpercayafitnah. :>)

      Delete
  3. keren petualangannya, puisinya juga luar biasa. komplit dah tulisannya..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. :) suwun kang.. hayukk kapan kita ngetraveling bareng-bareng.. :))

      Delete

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>